Cara tepat menghasilkan uang dari ADSENSE

Posting Komentar
Google adsense adalah program advertising yang sangat luar biasa karena melibatkan jaringan yang begitu besar dan jutaan website. Program ini awalnya didesain hanya berupa iklan teks dengan variasi ukuran, tetapi sekarang sudah merambah ke iklan berupa gambar. Iklan yang berupa teks telah menunjukkan kesuksesannya karena kerelevananya terhadap konten/subjek yang ditampilkan dari suatu situs.

Google adsense juga salah satu senjata yang sangat ampuh bagi

para website publisher. Karena ia bisa menyulap situs menjadi mesin menghasilkan uang secara mudah dan jika digunakan dengan baik maka bisa menghasilkan pendapatan yang tidak sedikit. Bagaimanapun, jika kita tidak memanfaatkannya dengan baik dan maksimal untuk menghasilkan income, maka sama saja seperti kita merelakan kepergian uang yang sudah tersedia didepan mata.

Untuk memaksimalkan penghasilan adsense kita, ada 5 hal yang kita perlukan :
1. Format dan penempatan iklan yang tepat.
2. Targetkan kata kunci (keyword) yang bernilai.
3. Sebanyak mungkin konten yang sesuai dengan target.
4. Isi situs yang relevan.
5. Memantau statistic yang google berikan secara baik.

Format iklan yang tepat.
Pada intinya untuk menghasilkan uang di adsense adalah bagaimana meningkatkan click through rate (CTR). Apa gunanya begitu banyak pengunjung di situs kita atau keyword yang mempunyai earning per-click-nya sangat mahal,tetapi tidak ada pengunjung yang meng-klik iklan kita.

Nah, untuk memaksimalkan CTR, maka ada 5 aturan yang harus dilakukan :

1. Gunakan format iklan yang performanya sangat baik dibandingkan yang lain. Gunakan format 250×250 rectangle.

2. Letakkan iklan dilokasi yang tepat dan terbaik da halaman situs kita (bukan tempat yang biasa digunakan para publisher pada umumnya).

3. Gunakan kombinasi warna yang tepat, hal ini akan membuat pengunjung merasa tertarik.

4. Buatlah latarbelakang warna iklan sama dengan warna halaman situs kita, atau usahakan semirip mungkin.

5. Buatlah iklan tanpa border (batas), dengan men-setting warna border samadengan warna latarbelakang iklan.

Kata kunci
Kata-kata yang tepat untuk halaman yang ada adsensenya sangatlah penting.

Karena para pemasang iklan (adwords) hanya membayar pada kata kunci tertentu, dan beberapa kata kunci memiliki nilai yang sangat mahal dibandingkan kata kunci yang lain. Jika subjek yang dibahas pada situs kita adalah hal yang itu-itu saja, dan kata kunci yang digunakan tidak bernilai,maka iklan yang muncul pun adalah iklan yang nilainya rendah.

Konten

Menulis konten yang kaya akan kata kunci yang tertarget adalah sangat penting, dan sangatlah disarankan untuk menulis konten seperti setiap harinya. Tapi untuk memulai jalan yang mulus di adsense, kita perlu mempunyai ribuan artikel yang siap untuk dipublikasikan.

(Terjemahan bebas dari:How to start sharply the Google Adsense Earnings. )

Raih profit dengan adsense dan affiliasi marketing

Apakah anda seorang webmaster yang memerlukan dana agar situs nya tetap online? Atau anda seorang yang ingin mempunyai penghasilan dari internet? Siapapun anda, jika anda memang ingin menghasilkan uang, affiliate marketing mungkin pilihan yang cocok. Dan jika situs anda kaya akan konten yang bagus maka kenapa tidak ikut serta di program google adsense.

Mengapa affiliate marketing?

Yah, karena affiliate marketing adalah cara mudah dan mungkin cara yang terbaik dalam menghasilkan uang secara online, kecuali jika anda adalah seorang pebisnis yang lebih menyukai menjual produk anda sendiri daripada menjual produk orang lain di situs anda.

Affiliate marketing sederhananya adalah hubungan atau perjanjian yang terjadi antara dua situs, dimana salah satu situs adalah sebagai pedagang dan yang lainnya sebagai affiliasinya. Dalam hubungan ini, si affiliasi setuju untuk menampilkan iklan si pedagang di situsnya. Sementara si pedagang bersedia membayar affiliasinya dengan syarat dan metode yang sudah disepakati. Hal ini bisa menciptakan penghasilan bagi si affiliasi, cukup dengan menampilkan iklan di pedagang. Bagi si pedagang tentu saja mempunyai keuntungan, karena mempunyai affiliasi akan mengurangi biaya dalam hal mengiklankan produk mereka, jika dibandingkan dengan membayar perusahaan advertising.

Ada beberapa variasi metode tentang bagaimana para pedagang membayar affiliasi mereka seperti pay per click, pay per lead dan pay per sale. Metode pay per click sangat disukai para affiliasi, karena cukup dengan “menggiring” pengunjung situs ke situs pedagang maka komisi sdh didapatkan. Untuk 2 metode yang lain lebih banyak disukai oleh para pedagang, karena komisi baru diberikan jika para pengunjung situs si-affiliasi, melakukan registrasi atau melakukan pembelian produk di situs pedagang.

Mendapatkan keuntungan pada program marketing affiliasi sangat tergantung dari banyaknya pengunjung suatu situs. Situs yang mampu menarik banyak pengunjung mempunyai kesempatan untuk menghasilkan uang lebih banyak dari program marketing affiliasi.

Lalu bagaimana dengan adsense?

Google adsense sebenarnya sama seperti program affiliasi marketing, karena google berlaku sebagai perantara si-affiliasi dan si-pedagang. Para pedagang maupun para pemasang iklan cukup mendaftar ke google dan membuat teks iklan yang menggambarkan produk mereka. Nah, iklan ini akan diberi link ke situs para pedagang atau pemasang iklan, dan iklan-iklan ini akan ditampilkan pada mesin pencari google, situs2 yang dimiliki oleh para affiliasi atau web master yang telah mendaftarkan diri pada google adsense program.

Walaupun ada banyak kesamaan antara adsense dengan program marketing affiliasi, tapi dapat juga ditemukan perbedaannya. Pada google adsense, sang pemilik web/web master cukup meletakkan kode di situsnya dan google akan mengurus langkah berikutnya. Iklan yang akan ditampilkan oleh google adalah iklan yang benar-benar relevan dengan konten dari situs kita. Sehingga hal ini akan menguntungkan si affiliasi dan si pedagang, karena pengunjung dari situs kita akan lebih tertarik pada iklan yang relevan dengan isi situs.

Kompensasi program google adsense berbasis pay-per-click. Para pemasang iklan akan membayar google dengan besaran tertentu setiap saat iklan mereka di klik di situs kita. Dan google akan memberikan komisi kepada kita dengan jumlah tertentu melalui cek. Biasanya cek ini akan dikirimkan perbulan. Selain itu google adsense juga menyediakan alat untuk memantau (tracking tool) hasil yang yang terjadi pada iklan yang ditampilkan.

Lalu kemana semua ini bermuara?

Apalagi kalau bukan uang,uang dan uang! Program affiliasi marketing dan Google adsense, bisa bekerja pada siapa saja, baik itu pedagang maupun affiliasi. Di sisi pedagang, penghematan pengeluaran biaya periklanan bisa dilakukan jika dibandingkan harus beriklan diperusahaan advertising. Untuk pemilik situs/webmaster, mereka bisa dengan mudah meraih untung hanya dengan menjaga kualitas situs mereka. Dan jika kita bisa menggabungkan program marketing affiliasi dengan google adsense maka uang yang didapatpun bisa lebih besar.

Semoga bermanfaat…
(Terjemahan bebas dari:Google Adsense Profits Mixed In With Affiliate Marketing
By Emmanuel Aubrey)

Tips untuk menguji dan memantau penghasilan adsense

Adsense, fenomena yang memberikan kesuksesan besar bagi beberapa webmaster,namun ironinya sebagian lain tidak mendapatkan hasil yang berarti. Kebanyakan para pemilik situs yang meraih sukses di Adsense adalah orang-orang yang ahli dalam “mengendus” performa kampanye yang mereka lakukan dan menggunakan informasi yang mereka dapatkan untuk melakukan kampanye yang lebih baik sehingga menghasilkan klik yang lebih banyak.

Memantau dan menguji adalah bagian dari adsense dan harus dilakukan untuk memaksimalkan hasil dari potensi kampanye iklan. Langkah pertama adalah lacaklah klik yang terjadi untuk menentukan seberapa baik iklan bekerja untuk kita. Adsense tracker (gratis lho) akan memberikan detail pada statistik segera setelah java skrip telah diletakkan pada situs kita. Perhatikan statistic yang terjadi dan evaluasi hasilnya pada tiap-tiap halaman.

Beberapa halaman akan memberikan hasil yang berbeda dengan yang lain-cobalah untuk menemukan elemen apa yang menyebabkan suatu halaman memberikan performa terbaik. Konten, grafik dan kata kunci adalah factor yang menentukan performa dari halaman situs. Gunakan elemen yang terbaik dan pantau statistiknya untuk menemukan apakah perubahan benar-benar bekerja.

Adsense memberikan para advertiser begitu banyak opsi pada iklan. Hampir semua iklan dapat dirubah, termasuk ukuran, bentuk dan warna, dimana hal tersebut dapat meningkatkan klik yang terjadi.

Jika kita masih belum menghasilkan apa-apa setelah perubahan ini, mungkin saatnya untuk memulai dari awal dan membuat iklan yang baru. Iklan yang terbaik bagi suatu situs adalah iklan yang bekerja dengan baik dengan seluruh halaman (konten). Buatlah iklan kita terlihat cocok dengan tampilan situs, kita dapat menguji desain situs dengan adsense melalui statistic.

Optimasi mesin pencari (SEO) adalah elemen lain yang dapat ditentukan dari hasil tracking dan uji adsense. Kata kunci dan ranking pada mesin pencari tidak bisa diremehkan.

Jangan lupakan kompetisi, jika begitu banyak competitor diluar sana yang menggunakan kata kunci yang sama maka kata kunci yang popular tersebut bukanlah investasi terbaik untuk menghasilkan trafik. Menggunakan kata kunci dengan ceruk tertentu (niche keyword) bisa merupakan ide yang baik, karena merupakan kata kunci yang popular namun belum banyak digunakan orang. Kata kunci tersebut juga sangat terfokus pada pasar tertentu, dimana akan membuat kita bisa bersaing bahkan unggul dari competitor lainnya sehingga menarik pengunjung yang bisa menghasilkan profit.

Apapun langkah yang kita pilih untuk menentukan kata kunci,selalu monitor adsense dan klik yang terjadi untuk melihat mana yang lebih memberikan hasil pada situs kita. Selalu memantau statistic adalah kunci sukses Adsense.

Meningkatkan Click Through Rate (CTR) Adsense dengan optimasi sederhana

Sebagai publisher kita punya 1 pertanyaan yang sama, yaitu gimana caranya meningkatkan CTR google adsense. Apapun jenis web site kita dgn banyaknya jumlah pengunjung tetapi belum menghasilkan uang karena kurangnya klik. Kayaknya perlu menyimak artikel ini.

Karena motif kita dalam beradsense adalah meningkatkan CTR untuk menghasilkan profit. Sebenarnya sudah banyak cara untuk meningkatkan CTR seperti menempatkan iklan adsense di beberapa lokasi yang berbeda dengan variasi ukuran. Betul hal ini bisa bekerja – saya tidak akan menyangkalnya. Sebagai contoh jika kamu meletakkan iklan adsense yang berbeda warna secara mencolok dengan halaman web maka bisa jadi CTR-nya rendah.

Harus diutamakan halaman web harus terlihat atraktif dan iklan adsense harus terlihat seperti bagian dari halaman web. Bahkan ukuran iklan bisa mempunyai peranan penting-hanya jangan terlalu besar….bisa dibayangkan andaikan kita sebagai pengunjung situs yang ingin mencari informasi tertentu utk memecahkan masalah kita, tiba-tiba disuguhi iklan yang berukuran besar…bete lah yau.

Sesuaikan ukuran iklan dengan ukuran halaman web dan ukuran halaman konten. Mungkin di tempat tertentu kita hanya perlu meletakkan iklan yang berukuran kecil dan ditempat lain bisa kita letakkan iklan banner yang berukuran besar. Yah itulah beberapa tips untuk meningkatkan CTR tetapi disini strategi utama kita untuk meningkatkan CTR adalah meng-optimasi konten dengan kata kunci dan tambahannya.

Mari kita bicarakan topic lebih banyak. Kita mungkin sudah sering mendengar tentang kata kunci,optimasi,rangking,links dsb. Tetapi optimasi artinya….banyak sekali. Tetapi berdasarkan kamus optimasi artinya “menghasilkan yang terbaik dari suatu situasi atau sumber daya”

Perlu dicatat untuk CTR yang baik, bahan yang paling penting adalah konten (isi) yang kaya dengan kata kunci. Kita perlu untuk merangkai dan menulis konten yang baik dan memang dicari orang. Kita perlu menulis konten yang benar-benar dibutuhkan oleh pengunjung situs kita. Contoh : Jika pengunjung situs kita mencari tentang tips marketing tapi konten situs kita berisi tentang tips wawancara kerja, maka yang terjadi adalah pengunjung tersebut akan menutup situs kita dan sangat kecil kemungkinan pengunjung tersebut mengklik iklan adsense karena iklan yang ditampilkan tentunya berhubungan dengan wawancara dan dunia kerja.

Kembali ke topic kita-saat kamu telah menulis konten yang yang baik dengan target tertentu, berikutnya adalah menentukan kata kunci tertentu dan unik. Menentukan kata kunci yang unik memang agak sulit tetapi cobalah untuk menggunakan kata kunci yang sesuai target. Dengan kata lain membuat konten dan iklan adsense saling berhubungan. Bahkan kata kunci pun harus sesuai dengan iklan dan konten, artinya jika pengunjung mencari kata kunci affiliasi marketing dan halaman situs kita berisi tentang affiliasi marketing dan iklan yang ditampilkan tentang affiliasi marketing maka hal ini akan menghasilkan kemungkinan yang sangat besar iklan adsense kita akan di klik oleh pengunjung, yang dikarenakan topic iklan sesuai dengan apa yang dicari pengunjung.

Kesimpulannya :
1. Konten yang baik dengan target tertentu.
2. Iklan yang tampil sesuai dengan target konten.
3. Menggunakan kata kunci yang sesuai dengan konten dan iklan.
Gabungan ke tiganya akan menghasil CTR yang oke loh..
Selamat mencoba….

Oleh : Balakrishna G-27654
(Increase Google Adsense Ctr With Simple Optimization)

Bagaimana menghindari click fraud pada adsense

Banyak pemilik situs yang account googlenya di phk, padahal mereka tidak melakukan hal2 yang menyimpang. Siapa yang rela di phk? Karena begitu banyak kesempatan yang diberikan adsense utk menghasilkan uang.

Sama halnya dengan google yang tidak rela dengan kecurangan yang dilakukan oleh segelintir orang, salah satunya adalah click fraud.

Click fraud adalah klik yang terjadi dengan tujuan mendapatkan uang dari para pemasang iklan. Sederhananya mendapatkankan uang tetapi dengan cara yang salah. Banyak pemilik situs sudah paham akan hal ini dan menyadari pula bahwa hal ini adalah salah satu masalah besar yang dihadapi adsense.

Bagaimana mencegah terjadinya click fraud?

Kebanyakan web hosting menawarkan acces log. Rasanya perlu untuk memberikan acces log ini kepada google. Sehingga google juga bisa memantau aktivitas yang mencurigakan di situs kita. Karena masalah seperti ini sangatlah serius, dengan memberikan akses kepada google maka secara langsung akan mengatakan kepada mereka bahwa kita juga ingin membantu dengan cara apapun utk menghadapi masalah ini.

Sangat membantu jika kita punya software yang memonitor klik yang terjadi. Kalau belum punya, sebaiknya mendapatkannya. Karena kebanyakan software tersebut gratis kok.

Berikan informasi yang kamu dapatkan ke google. Hal ini akan menunjukkan kepada google bahwa kita juga memerangi klik fraud dan tidak akan menjadi bagian darinya. Pelajari server log dan perhatikan aktivitas yang mencurigakan. Laporkan apa saja yang kita temukan tidak peduli masalah besar dan kecil.

Boleh juga untuk menonaktifkan iklan kita khusus untuk IP address dan daerah yang dekat dengan area kita. Hal ini untuk mencegah ketidaksengajaan dan menghindari salah sangka. Bisa dilakukan melalui file htaccess. Hal ini untuk mencegah agar kita tidak disangka mengklik iklan kita sendiri dan menyebabkan kita ditendang dari adsense.

Hindari adsense dari pop ups dan pop under. Jangan letakkan iklan adsense pada konten yang mempromosikan aktivitas illegal atau membajak hak cipta milik orang atau bisnis lain.

Jujurlah pada google saat kita melakukan klik pada iklan kita sendiri apakah secara sengaja atau tidak sengaja. Atau saat kita melanggar Term of Service (TOS). Jujur saja kalau kita telah melakukan sesuatu kesalahan. Hal ini lebih baik daripada kita diam-diam sampai google mengetahuinya. Karena akan menyebabkan phk dari google dan kita akan kehilangan apa yang telah dirintis sejak awal.

Jika ada kenalan yang mengetahui adsense kita, pastikan mereka mengerti bahwa mereka tidak mengklik adsense kita dalam situasi apapun. Tidak ada salahnya memberitahu sedikit tentang adsense dan apa yang tidak boleh dilakukan.

Kebanyakkan jaringan PPC sudah punya ukuran yang berbeda-beda untuk mencegah agar para pemilik situs tidak mengklik iklan mereka sendiri. Beberapa search engine dapat melacak lebih dari 50 data poin, IP address, informasi browser, user session dan mengenali jejak. Mereka juga mempunyai system untuk mendeteksi penipuan. Belum lagi tim spesialis yang memantau hal-hal yang sedang terjadi dan membantu para pemasang iklan untuk memerangi click fraud.

Apa sih kunci sukses dari Adsense ?

Selama beberapa bulan, google adsense telah menjadi perbincangan hangat di beberapa forum, diskusi dan newsletter di internet. Sudah ada cerita tentang orang-orang yang menjadi kaya dan menghasilkan jutaan rupiah dengan hanya bekerja dari rumah. Sepertinya google adsense telah mendominasi bisnis internet marketing dan menjadi salah satu cara termudah untuk menghasilkan uang secara online.

Kunci sukses adsense adalah menempatkan iklan pada halaman web yang mempunyai traffic yang tinggi dengan kombinasi keyword yang paling banyak dicari. Semakin tinggi harga per klik, semakin banyak uang yang kita dapat dari klik yang terjadi di web site kita. Tentunya, kita akan mendapat sedikit uang jika kita mentargetkan iklan yang rendah harga perkliknya apalagi jika iklan tersebut kita letakkan pada halaman web yang sedikit pengunjungnya.
Sekarang ini hampir setiap hari jutaan manusia sudah online dan selalu saja ada yang mereka “klik” setiap harinya, maka sudah tidak mengherankan jika google adsense menjadi program yang cepat ngetop.

1. Tingkatkan pengunjung situs kita sebanyak-banyaknya. Tujuannya, iklan adsense kita akan bekerja lebih efektif dan akan menghasilkan lebih banyak klik, yang artinya lebih banyak uang yang dihasilkan.

2. Tempatkan links adsense pada halaman yang sedikit atau belum menghasilkan profit. Dengan menempatkan adsense pada halaman tersebut akan mengurangi potensi kerugian karena pengunjung berpindah kesitus lain.

Untuk yang masih belajar sambil bekerja, 2 faktor tersebut sebenarnya cara yang baik untuk mendapatkan penghasilan dari situs yang mempunyai lalu lintas (traffic) pengunjung yang tinggi. Kebanyakan orang menggunakan strategi ini untuk menghasilkan uang lewat adsense. Google adsense juga memberikan keuntungan bagi situs yang berisi tentang informasi yang memfokuskan memberikan konten gratis kepada para pengunjungnya. Sekarang mereka dapat meraup uang dari servis yang mereka berikan. Dengan begitu banyak teknik yang sudah berkembang untuk menghasilkan cara termudah menghasilkan uang dengan google adsense, maka tidak heran jika google selalu mengupdate dan mempoles adsense untuk mempertahankan image yang sudah ada.

Adsense memungkinkan kita untuk memiliki lebih dari satu situs, sehingga peluang untuk menjadi lebih baik dan menghasilkan penghasilan yang terus bertambah bukanlah hal yang tidak mustahil.

Bahkan fitur yang diberikan adsense boleh di bilang memanjakan para pemilik situs, diantaranya : kita boleh mem-block kata kunci yang rendah harga perkliknya dan selain itu bisa mem-block iklan yang dipasang kompetitor usaha kita, sehingga iklan mereka tidak tampil di situs.

Dengan google adsense, peluangnya tidak terbatas. Karena itulah banyak orang yang “mengambil keuntungan” dari mudahnya mendapatkan uang di Adsense. Jika kamu mencoba cara-cara negatif dalam ber adsense, bukan tidak mustahil google terpaksa menghentikan program adsense. Jika hal ini terjadi, maka kita akan kembali ke cara lama dalam berinternet marketing yang tidak menghasilkan uang semudah adsense.

Adsense salah satu cara meng-uang-kan situs kita

Uang ekstra !! siapa yang kaga mau disaat ini?
Kita bisa mendapatkan uang ekstra dengan menayangkan Iklan Adsense pada situs/web. Bahkan tidak mustahil menjadikan adsense sebagai sumber penghasilan kita. Renungkan jika kalau kita bisa menaikkan jumlah klik per halaman pada situs web, maka hasilnya adalah PROFIT (tentunya dengan sedikit berusaha).

Google Adsense adalah satu cara tepat,mudah alias kagak susah-susah amat untuk memulai bisnis Internet. Dengan menempatkan dan menayangkan teks Google Ads pada konten maka peluang mendapatkan uang ekstra terbuka lebar. Apalagi iklan Google berhubungan dengan apa yang dicari pengunjung disitus kita. Hal ini adalah keuntungan yang diberikan google sehingga kita dapat meng-uang-kan situs. Uang yang kita terima tergantung dari budget para pemasang iklan dan kata kunci yang diinginkan. Kalau pemasang iklan memilih lebih agresif dalam beriklan, dengan keywords yang banyak dicari orang maka kita akan mendapat lebih banyak klik yang artinya menambah kocek dikantong kita.

Bagaimana caranya dapat duit dari iklan Adsense pada situs kita?

1. Jadilah anggota Adsense. Ngga lama kok untuk membuat account google adsense.

2. Ketika Adsense menerima situs kita. Kita akan mendapat kode html yang dapat diletakkan di halaman atau situs web yang diinginkan.

3. Kita akan dengan seketika berpeluang mendapatkan uang yang besarnya dari beberapa sen hingga beberapa dolar per klik dengan menayangkan Iklan pada situs.

Jangan mencoba untuk curang dengan mengklik sendiri iklan google dengan tujuan meningkatkan pendapatanmu, karena ini adalah salah satu format dari penipuan dan kamu dapat dihukum dengan diputusnya hubungan dengan google adsense alias di banned.

4. Statistik Adsensemu adalah dapat dilihat 24 jam (satu hari) cukup dengan login kedalam google account-mu.

Jika kita sudah merasa cocok dengan program Adsensemu dan mulai menghasilkan uang maka teruslah untuk mencoba berbagai cara untuk menghasilkan uang lebih banyak lagi. Lakukan perbandingan dari situs kita ke situs web lain untuk memberikan pengetahuan program apa yang tersedia untuk menolong kita dalam menghasilkan uang.

Satu faktor yang mungkin mempengaruhi penghasilan adalah seberapa baik kita melaksanakan program.

Pada umumnya suatu situs bisnis ingin menghasilkan uang sebanyak mungkin, Hal ini tentu saja butuh waktu dan selalu melalui cara trial and error.

Bagaimana cara menghasilkan uang dari Adsense?

1. Sangat penting untuk memilih satu pokok pembahasan per halaman. Letakkan beberapa kata kunci ke dalam konten halaman. Pengunjung lebih suka dengan iklan yang relevan sehingga kemungkinan klik lebih besar.

2. Gunakan ruang putih disekeliling iklan; hal ini akan menarik perhatian pengunjung untuk melihat iklan. Ada berbagai warna yang dapat dipergunakan dan ini disediakan oleh google.

3. Pastikan untuk menguji penempatan iklanmu, sangat direkomendasikan untuk menempatkan iklan secara vertikal. Artinya tempatkan iklan secara vertikal pada sisi kanan atau sisi kiri dari halaman. Kamu juga dapat mencoba penempatan horisontal, cuma vertikal jauh lebih populer dan cenderung menghasilkan klik.

4. Pastikan halamanmu mengandung lebih banyak konten berlandaskan kata kunci, perlebar tema dari situs. Fokuskan pada penggunaan keywords atau frasa kunci, hal ini akan mengoptimalkan halaman kita di mesin pencari. Sehingga akan menarik pengunjung ke situs kita.

Related Posts

Posting Komentar