Peluang Usaha yang cocok untuk Ibu Rumah Tangga dan Remaja Putri

Posting Komentar
Peluang Usaha yang cocok untuk Ibu Rumah Tangga dan Remaja Putri - Peluang bisnis bukan hanya untuk kaum lelaki saja. Banyak jenis usaha yang bisa dijalankan para ibu rumah tangga yg bisa dikerjakan di sela-sela mengurus rumah tangga. Dari berbagai pengalaman, ternyata tidak sedikit ibu rumah tangga yang sukses dengan bisnis rumahan-nya yang dilakukan sambil melaksanakan kewajiban sebagai ibu rumah tangga.
Jadi, artinya bahwa menjadi ibu rumah tangga yang sukses tidak menghalangi seorang untuk juga sukses dalam bisnisnya.
Oke, kita coba listing beberapa ide bisnis yang dapat dilakukan oleh ibu rumah tanggajuga para remaja putri :




1. Usaha Laundry

Membuka usaha laundry bahkan dapat dilakukan hanya bermodal 1 buah mesin cuci, pengering dan seorang karyawan. Seperti kita ketahui, saat ini masyarakat dengan gerakan yang sangat cepat sangat membutuhkan laundry. Manfaatkan brosur dan nomor telepon, BlacBerry dan teknologi informasi yang bisa membantu mengenalkan bisnis loundry anda. Usahakan, berbeda dengan loundry lain seperti misalnya: PAKAIAN TIDAK DICAMPUR dengan milik orang lain, mencuci menggunakan air  hangat, dsb. Usaha ini bagus dibuka di daerah dekat sekolahan, kampus dan dekat dengan perumahan karyawan pabrik.

2. Menjahit Pakaian

Menjahit pakaian membutuhkan skill tersendiri. Anda yang gemar menjahit, tentu dengan mudah melakukan bisnis ini. Namun bagi yang tidak bisa menjahitpun tetap bisa membuka bisnis ini. Rekrutlah karyawan yang pintar menjahit, dan bayar sesuai order yang datang. Anda harus kreatif dalam pemasaran, buatlah strategi marketing yang cukup efektif, sebarkan brosur ke setiap perumahan, toko kelontong, iklan baris koran, dan tempat strategis lainnya, dan andapun juga bisa sediakan servis jemput bola, yaitu bagi siapa saaja yang ingin membuat pakaian, anda bisa datang kesana dan mengukur ditempat konsumen diskusi disana dan deal disana juga.

3. Mengelola Kursus Jahit

Masih berhubungan dengan bidang usaha diatas. Mengelola kursus menjahit merupakan salah satu peluang usaha yang cukup menjanjikan juga lho. Memang disini anda dituntut untuk bisa menjahit juga, namun jika tidak andapun bisa menerapkan metode diatas. Merekrut ahli jahit untuk bisa memberikan pelatihan di tempat anda dengan metode privat/personal supaya lebih efektif sehingga murid pun akan senang belajar. Disini anda perlu modal mesin jahit minimal 5 – 10 buah mesin jahit supaya bisa menerima banyak siswa sekaligus. Anda bisa kerjasama bagus hasil dengan pemberi materi kursus jahit. Dan untuk bagi hasil silahkan anda tentukan sendiri atau anda bisa gaji dia bulanan, monggo silahkan.

4. Bisnis Catering dan kuliner

Nah untuk bisnis kuliner yang satu ini memang seakan tidak ada habisnya. Anda bisa terjun ke bisnis katering jika anda bisa atau hobi memasak berbagai macam menu masakan. Saya rasa ini merupakan ide bisnis yang cocok juga untuk ibu rumah tangga karena kebanyakan dari beliau-beliau ini memang ahli di bidang ini walau tidak semua. Yang perlu diperhatikan dibisnis ini adalah anda harus memberikan layanan menu yang beragam, dan juga bisa memberikan servis antar jemput katering ke konsumen (ini untuk personal atau rumah tangga) sehingga konsumen serasa diberikan servis personal. Jika skala bisnis anda lebih besar, anda seharusnya berani juga membuka katering untuk acara-acara ulang tahun, pernikahan, dan sejenisnya. Mulailah dari yang kecil dan jika anda tetap semangat dan kreatif insyaAllah bisa menjadi yang lebih besar lagi suatu saat nanti.

5. Usaha Mengelola Butik

Sebuah kesempatan usaha yang berkaitan dengan pakaian saya rasa juga banyak digemari oleh banyak kalangan masyarakat. Apalagi jika anda membuat lebih eklusif dan khusus seperti butik, bisa butik busana muslim, butik batik dan sejenisnya. Memang diperlukan modal tempat disini, namun bagi ibu rumah tangga yang memiliki space kosong dirumahnya, bisa juga lho dimanfaatkan untuk buka usaha ini. Kunci dari butik ini adalah strategi marketing yang bagus dan kreatif. Anda harus rajin berpromosi entah itu lokal maupun online. Tentukan usia market konsumen, saya rasa usia muda menjadi target yang cukup bagus mengingat dunia fashion bagi kaum muda terus berkembang danup to date. Anda bisa bekerjasama dengan perusahaan konveksi atau perajin batik/busana wanita untuk mensuplai kebutuhan butik anda nantinya. Intinya ini salah satu peluang usaha yang bisa dilakukan oleh ibu rumah tangga disela-sela kegiatan rutinitas harian mereka.

6. Bisnis Produsen Kue

Jenis ide peluang bisnis yang satu ini tentunya diminati juga dong buat anda ibu rumah tangga. Hobi memasak atau membikin berbagai jenis kue memang asik ya. Selain menyenangkan, membuat kue bisa dibisniskan juga. Sangat terbuka lebar pasar kue ini, dan jika anda bisa kreatif dan cerdik dalam marketing insyaAllah anda bisa mengisi pasar bisnis kue yang ada di masyarakat. Anda bisa memulainya dengan membuat berbagai macam resep kui, sudah banyak buku resep yang dijual umum, atau anda juga bisa ikut kursus singkat membuat kue. Intinya banyak cara jika kita ingin memanfaatkan ide bisnis menjadi produsen kue ini. Marketing yang bagus, sebarkan banyak brosur ke area perumahan, iklan baris di koran, dan kerjasama dengan beberapa swalayan untuk menitipkan kue buatan anda menjadi beberapa opsi strategi marketing yang bisa diambil. Saya yakin insyaAllah pasar bisnis kue ini masih sangat diminati dan akan terus berkembang nantinya.

7. Berjualan Busana Muslimah Online

Masih berkutat di dunia fahsion. Anda bisa berjualan jenis pakaian yang satu ini yaitu busana muslim. Selain anda memiliki butik (perlu modal tempat dan stock barang) jika ingin jualan dengan minim modal, jualah secara online. Kerjasama dengan produsen atau toko busana musim dengan harga kulakan diskon lalu bisa anda naikan berapa persen setiap item yang anda jual. Sedikit informasi dari teman saya yang juga berbisnis online jualan busana muslim, sebagai contoh dia kulakan pakaian satu pasang dengan harga Rp.130.000 dan dijual Online di harga Rp.200.000 diskon 10% belum termasuk ongkos kirim. Dia tidak usah stok barang, begitu ada orderan langsung pesan ke produsen yang sudah diajak kerjasama sebelumnya. Ini salah satu peluang bisnis yang mudah dilakukan dan kreatifitaslah yang diperlukan untuk membuat bisnis usaha ini bisa berkembang lebih luas lagi. Aktiflah di sosial media facebook, twitter dan sejenisnya, iklankan produk anda di web dan forum jual beli seperti kaskus, tokobagus, indonetwork, berniaga dan beberapa situs jual beli online lainnya untuk menunjang marketing anda. Respin setiap pertanyaan konsumen dengan cepat dan baik akan sangat membantu meningkakan brand anda dalam berjualan.

8. Menjual Perlatan Kosmetik

Bisnis ini tidak ada matinya. Umumnya perempuan suka menjaga dan merawat kecantikan dan kesehatannya. Ini adalah pangsa pasar yang sangat-sangat luar biasa. Selain itu, jika produk yang dijual bagus dan berkualitas, maka re-peat order akan terus terjadi, sehingga bisnis makin berkembang dan maju. 

9. Jualan Pulsa

Seperti kita ketahui bersama bahwa saat ini pulsa HP bisa dikatakan sudah merupakan kebutuhan pokok bagi masyarakat, baik di desa maupun di kota. Hampir semua orang memerlukan pulsa agar bisa berkomunikasi. Tiap orang membeli pulsa paling tidak minimal 5.000 tiap minggunya. Dari sanalah kita bisa ambil peluang usaha jualan pulsa. Di samping tidak memerlukan modal yang besar, jualan pulsa juga tidak memerlukan tempat khusus atau konter. Jual pulsa bisa dilakukan di mana saja. Ibu Rumah Tangga bisa memanfaatkan peluang ini. Hasilnya cukup lumayan.


Sepertinya bisnis tersebut di atas layak dicoba oleh ibu-ibu dan remaja putri diseluruh dunia.

Demikian, beberapa ide bisnis rumahan untuk ibu rumah tangga.

Semoga berguna.
Selamat berbisnis!


Related Posts

Posting Komentar